Saturday, January 31, 2015

tips setelah lolos parlemen remaja part 2

11. Jangan menunda-nunda mandi. Karena satu wisma itu terdiri dari 3-4 orang. Takutnya kamu dapat giliran terakhir. Belum lagi kalo teman satu wismamu itu mandinya lamaaaa bangeeettt *nyindir nih, hihihi*. Jangan sampai gara2 telat mandi jadi kamu telat ke lapangan ya. Oh ya jangan lupa langsung jemur handuknya yaa hihihi.

12. Tidak ada salahnya memakai lotion anti nyamuk atau minyak sereh saat tidur. Karena disana itu nyamuknya guede guede banget. Pakai baju lengan panjang yaa.

13. Tidak ada salahnya memakai penutup rambut saat tidur, ya jaga2 siapa tau temen satu akmar atau satu kasurmu kutuan. Ini kisah nyata, lho, hahaha. Ada yang katanya pas pulang langsung kutuan, padahal sebelumnya gakpunya sejarah kutuan! :D

14. Nah, sebelum kalian masuk ke ruang sidang untuk menerima materi kalian akan berolahraga dulu. Saat hendak berolahraga, bawa lah tas kalian dan taruh di ayunan atau kafetaria disana. Insya Allah aman kok. Selesai olahraga kan biasanya oada selfie tuh hahaha, pastikan setelah foto2, langsung taruh tas di ruang sidang ya. CARI TEMPAT DUDUK YANG PALING DEKAT DENGAN MEJA PEMATERI TAPI JANGAN PALING POJOK. Biasanya moderator jarang menunjuk orang yang paling pojok. Setelah membooking tempat, terserah anda mau kemana lagi. Jangan lupa sarapan ya hehe.

15. Biasakan telah mempersiapkan pertanyaan. Dan kalau kamu ditunjuk, coba ajukan pertanyaan dari teman-temanmu juga. Pastikan pertanyaanmu berbobot, juga ketika kamu mendapat kesempatan menjawab pertanyaan, pastikan kamu menguasainya. Oh ya pastikan cara penyampaianmu bagus ya, semakin bagus cara kita ngomong, semakin tinggi point kita.

16. Kemudian ketika role play, jangan ragu menunjuk diri sebagai ketua, sekretaris, atau notulen. Semakin sering kamu punya kesempatan bicara, semakin bagus.

17. Perluaslah pergaulan dan kenalan. Bertukar cerita dan kabar, serta sharing akan sangat menyenangkan dan kamu akan mendapatkan banyak informasi baru.

18. Setelah pemberian materi dan sesi tanya jawab langsung lah berlari menuju pemateri untuk meminta tanda tangan juga foto bareng.

19. Awali kegiatanmu dengan Bismillah dan mengharap ridho Allah :) Berusahalah sebaik-baiknya dan serahkan hasilnya kepada Allah

20. Oh ya di wisma stop kontak itu harus pake kaki tugas, karenanya tidak ada salahnya membawa kabel panjang atau kaki tiga.

21. Jangan malas berjalan jauh sambil menggotong kamera, abadikan lah semua  momen selama disana. Aku nyeseeelll banget gak selfie bareng Pak Taufik Ismail, padahal waktu itu kami sempat face to face, berdua doang!!! Juga gak selfie di gedung estetika. Hiksss hikss.... :'(

Friday, January 30, 2015

CERITA RAKYAT SEBAGAI SOLUSI MORAL DAN IDENTITAS BANGSA INDONESIA YANG MEMBANGGAKAN (masih setengah jadi)



Meuthia Nabila P
SMA Negeri 1 Batam

Indonesia memiliki beragam suku, adat, tradisi, bahasa dan kearifan lokal di setiap daerahnya. Para leluhur dengan tulusnya mengajarkan petuah-petuah kepada keturunannya agar mereka mempunyai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan tetap mempertahankan budayanya.
Dalam bentuk apakah biasanya? Senandung? Ceramah?

Masih ingatkah anda ketika adik kecil kita merengek minta dibelikan mainan? Ketika anda menceramahinya, dia dengan bebal tidak mau mendengarkan.
Atau, ingatkah anda ketika berceramah, tapi jama’ah malah kebosanan, akhirnya hendak bersenandung tapi suara sumbang.
Aduh, kok susah betul hendak menasihati ya? Jadi apa cara paling menarik untuk menasihati?

Ya! Bercerita!

Siapa pun akan lebih bisa memahami permasalahan jika dianalogikan dengan cerita. Karenanya, para leluhur lebih suka bercerita daripada berceramah.
Masih ingat bukan, ketika ibu kita mengantarkan tidur dengan bercerita?

Karenanya terdapat banyak sekali cerita rakyat yang dibuat para leluhur untuk kita. Tak heran kita memiliki cerita rakyat yang sangat kaya. Membanggakan sekali, bukan?

Budaya yang tercermin dalam cerita rakyat menjadikan cerita rakyat sendiri sebagai implementasimjati diri suatu bangsa. Ceita rakyat yang sangat kental dan sarat maknanya dengan budaya. Banyak nilai budaya yang dapat kita kenali dengan membaca cerita rakyat. Seperti cerita rakyat Malin Kundang, yag menggambarkan kentalnya jiwa rantau dalam diri orang Padang. Dari cerita Sangkuriang lah kita dapat mengenal betapa cerdiknya wanita Sunda. Dari cerita rakyat lah masyarakat mengetahui sifat orang Indonesia yang sangat ramah, mencintai dan menghormati orangtua, serta mempunyai tata karma.

Bangga 'kan jadi orang Indonesia?

Lantas, apa pentingnya cerita rakyat?

Jaman sudah berkembang, hari gini masih bicara soal cerita rakyat? Jelas, cerita rakyat bukan omong  kosong. Anak muda sekarang lebih setia mendengarkan  roman picisan ketimbang wayang. Anak kecil sekarang lebih antusias mendengar kisah klasik Barat seperti Putri Tidur yang terbangun karena ciuman sang Pangeran. Orang dewasa tak ketinggalan lebih memilih cara efektif untuk menasihati anak-anaknya selain dengan cerita rakyat.

Apalagi media dan sarana hiburan begitu banyak merambah kehidupan generasi penerus. Terutama pengaruh alam lingkungannya yang bernuansa teknologi, sehingga sarana tradisional mulai ditinggalkan.

Menurut saya, cerita rakyat adalah budaya yang mampu digunakan sebagai alat atau jendela untuk memahami masyarakat di suatu daerah.
Cerita rakyat adalah suatu hal yang tak terpisahkan dari berkembangnya suatu komunitas.

Di zaman serba modern ini menjadikan globaliasi menjadi sesuatu yang tidak dapat terpisahkan. Sayangnya, budaya asing pun mulai merasuki dengan mudahnya tanpa dfilter dahulu, apakah sudah sesuai dengan kepribadian bangsa atau belum.
Akibatnya, moral bangsa pun perlahan terkikis  dan mereka dan mereka mulai meninggalkan identitas jati dirinya sendiri, termasuk budaya-budaya yang  terangkum dalam cerita rakyat. Anda masih sering mendengar istilah ‘cabbe-cabean’ bukan?

Kita puhn masih sering menjumpai kelompok punk di jalan, atau seorang anak yang kaasar kepada orangtua, atau maraknya seks bebas?

Lalu bagaimana implementasi cerita rakyat sebagai solusi moral bangsa? Sebagaimana yang telah saya paparkan, cerita rakuyat adalah bentuk analogi dari petuah-petuah yang kaya. Terdapat nilai-nilai budaya yang sangat kental di dalamnya. Dengan memahami dan mengambil sisi positif, maka nilai-nilai dalam cerita rakyat seseorang dapat menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai pedoman hidupnya agar lebih baik.
Kesimpulan dari yang saya paparkan, bahwa cerita rakyat adalah wujud dari identitas bangsa, yang mana budaya sangat tercermin di dalamnya. Cerita rakyat juga sarat sekali akan makna yang pabila kita dapat mengambil pelajarannya, maka akan menjadi solusi dari krisis moral bangsa yang sedang marak.
Untuk itu hendaknya kita tidak hanya sebagai generasi penerus , tetapi juga pelurus. Mari bersama kita lestarikan cerita rakyat, karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Friday, January 9, 2015

Batamku yang Cerah

Batamku terlihat merona di tahun 2014, kenapa? Ada banyak event-event besar yang belum tentu ada setiap tahun. Apa?

1. MTQ Nasional XXV Kota Batam


2. Piala Dunia di Brazil



3. Pemilu



4. Batam International Carnival


5. Pemerintahan serba baru

2014

Bismillahhiroohmaanirrohiim...
Assalamu'alaikum sahabat? Apakabarnya di awal tahun baru 2015 ini, semoga bebas dari segala kegalauan dan penyakit ya, tentunya semoga tetap istiqomah di atas Al-Qur'an dan Sunnah ya.

Tahun 2014, aku melaluinya tidak dengan cukup baik. Sejak masuk SMA ini aku sibuk banget, jadi kecapekan terus tiap kali mau belajar ilmu syar'i, jadinya aku udah hampir gak pernah ngaji. Dan aku cukup menyesal dan sedih akannya...

Tahun 2014 inilah aku memulai karirku pertama kalinya. Aku pertama kali lolos mengikuti perlombaan, dan langsung nasional hehe. Parlemen Remaja dengan manis membuka halaman recordku. Semua terjadi atas karuniaMu Ya Rabb, segala puji bagiMu.

Tahun 2014 banyak sekali teman-temanku yang mengcapkan janji suci dengan pasangan yang telah dipertemukan doanya dilangit sepertiga malam *seeehhhh*. Barakallahu lakuma wa baraka 'alaikuma wa jama'a baina kuma fii khair, kak Nadia dengan kak Ade. Bang Rifki dengan kak Mega. Bang Abdulku dengan istrinya yang tak pernah ia kenalkan :). Mas Fahmi dengan ukhti Khumaira. Mbak Yeni dengan mas.... Aduh lupa siapa namanya hehe. Terus ummm siapa lagi, ya. Kak Sarni, Kak Ziya? Masih sibuk sama skripsi yaaa? Hehehe

Tahun 2014. Menjadi tahun paling bahagia baginya. Kelahiran seorang malaikat kecil, yang menggantikanku dari posisi sebagai peri kecil, baginya. Mungkin bagiku juga. Apakabarmu?

Tahun 2014. Aku bertemu Raezel, mahluk botak paling lucu di dunia ini.

Tahun 2014. Aku mulai mencari-cari jati diriku, dan mulai liar. Mulai suka memakai bedak tebal, suka men-stalking gaya fashion yang lagi trending, mulai suka jalan-jalan dan membenci rumah.

Tahun 2014. 2 tahunku bersamamu, dear.

ya Allah ya Rabb seluruh alam. Bimbing aku menuju tahun 2015 yang lebih baik dan istiqomah, ya Rabb. Amiiin...

review citra korean pink orchid uv

Assalamu'alaikum sahabat, bagaimana kabar wajah cantik dan gantengnya? Semoga tetap bersih dan sehat ya. Kali ini aku bakal me review sedikit tentang korean pink orchid uv.


aku suka teksturnya yang lembut, gaada scrub scrub gitu kayak hazeline white uv. Dan gek nya nggak begitu padat ataupun cair. Tapi sama seperti review sebelumbya, mungkin karena aku taruh di ruangan terbuka yang kena panas matahari, jadi teksturnya agak cair gitu deh sekarang hahaha.


Katanya sih, manfaatnya yaitu melembabkan dan mencerahkan wajah agar putih merona dan melindungi dari sinar UV. Gimana hasilnya di wajahku?


manfaat yang kudapat :

- sebagai manusia berkulit kering *huehehe*, aku merasa sangat cocok memakai produk ini untuk melembabkan wajah. Ya gaada efek apaw sih, cuma kalo habis cuci muka dan terasa kering, rasanya kalo udah diolesi ini wajahku terasa gak begitu kering lagi.


- kebetulan untuk bedak, aku masih pake bedak bayi tabur di muka. Dan rasanya kalo setelah pake hazeline ini kemudian ditaburi bedak lagi, bedak di wajahku jadi lebih awet dan gak gampang luntur, ya mungkin untuk jadi semacam foundation sebelum memakai bedak cocok lah ya.


- alhamdulillah cocok di kulitku yang sensitif, gak ada jerawat muncul saat periode make ini, broooh!


sayangnya...

- yang katanya manfaatnya untuk mencerahkan wajah, bener2 gak aku dapatkan. Wajahku sama sekali gaada perbedaannya sejak dipake pertama kali sampe udah mau habis. :(


- hazeline ini hanya sedikit sekali mencerahkan, itupun hanya ketika diaplikasikan ke wajah.


- wanginya enak, berarti ada perfume yang gak sedikit, dan aku gak suka produk yang ada banyak perfume nya.


Over all sih, aku sebenernya suka produk ini untuk melembabkan wajahku setelah dijemur atau setelah cuci muka. Tapi kalo mau make ini dan ingin wajah tetap lebih gak kucel, ya mesti ditaburi bedak lagi. Untuk dijadiin powder sih, buatku nggak banget. Tapi aku rasa cocok bagi yang kulitnya sensitif kaya aku.


oke mungkin sekian aja reviewnya, semoga bermanfaat, jazakillah khairan ukhti shalihat :)


Thursday, January 8, 2015

Review Citra Hazeline Pearly White

Assalam'alaikum readers, kali ini aku bakal nge review sedikit mengenai citra hazeline pearly white UV.





Apa sih manfaat yang ditawarkan?

kemasan belakangnya

Oke, aku review yaa.

- Wajahku terlihat lebih mulus dan putih bersih dibanding tidak memakai ini. Kurasa cukup ampuh sih untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat atau jerawatnya sendiri di wajahku. Bisa dilihat foto-fotonya di posting Diari Forum Pelajar Indonesia. Sebenarnya saat itu keningku sedang tumbuh banyak jerawat di kening, lho. Tapi gatau ya kok pake ini malah difoto gak keliatan, atau efek kamera? Hehe

- Mungkin di produknya gaada label finishing powder kali ya, tapi gatau kenapa aku pake ini serasa kayak udah make bedak lho. Serasa putih gitu, ya walapun kurang mencerahkan sih kayaknya *aku kurang ngerti sih kulit cerah itu gimana hoho*

- Kulitku tipe kulit kering, dan aku ngerasa krim ini lumayan melembabkan, yuhuuu.

- Kebetulan aku bukan tipe yang suka dengan aroma aneh-aneh. Aku kurang mendapati adanya aroma gitu disini, kayaknya sih parfumnya sedikit, biasanya produk dengan parfum banyak itu bikin kulitk jerawatan :3

- Untuk soal perlindungan dari sinar UV sih aku kurang tau ya, soalnya gak tau gimana cara ngebandinginnya hehe.

- Teksturnya gak terlalu padat ataupun terlalu cair, mirip sama BB Cream nya garnier. Bedanya Hazeline ini kayak ada semacam scrubnya gitu, mungkin butiran mutiaranya kali ya, makanya wajahku terlihat seputih mutiara *preeet. Tapi gatau ya, mungkin karena aku taruhnya di tempat agak terbuka dan kena panas matahari *walau gak langsung* jadinya teksturnya sekarang jadi agak cair cair gituuu...

- Daaannn inilah yang membuatku makin jatuh cinta pada krim ini. Aku berkulit agak sensitif, sehingga kalau diberi produk kecantikan apapun itu, hampir semua nya bikin jerawat, apalagi krim. Dan Citra Hazeline Pearly White UV ini gak sama sekali nimbulin jerawat!! YEEE....!!! *tepuk tangan sendiri*. Pencarianku nan panjang pun akhirnya berakhir disini ^_^

Over all, aku ngerasa Hazeline ini mirip-mirip sama BB Cream sih, soalnya manfaat yang tertera di BB Cream ada semua disini. Menyamarkan noda jerawat juga noda hitam bekas jerawat, mencerahkan wajah *aku agak ragu sih bagian sini*, finishing powder, melembabkan dan menutrisi kulit, dan melindungi dari sinar UV.

Tapi tentu tidak ada yang sempurna. Juga ada sedikit minusnya, walapun nggak mengubah pikiranku untuk beralih kepadanya :p

- Ada kesan kelap-kelip gitu. Aku gak suka ada kelap-kelip, serasa wajahk itu langit yang ada bintang-bintang gemerlapnya >.<

- Agak gampang luntur kalo lagi keringetan, jadi kayak pake bedak tabur gitu.

- Gatau ya, kayaknya kalo make tuh mukaku keliatan kayak make bedak tebel gitu :3

Sejauh ini aku sangat puas memakai krim ini *bebas dari jerawat, yeeeee*.
Well, mungkin sekian dulu review dariku. Sekian, jazakillah, semoga bermanfaat ya

Saturday, January 3, 2015

Menghancurkan Mental Block

Apa itu Mental Block?

Mental Block adalah kondisi mental yang menghambat seseorang dalam mencapai keinginannya yang berasal dari keyakinan yang membatasi.

Dalam pengertian sederhana, mental block adalah BISIKAN-BISIKAN HATI yang mengajak anda untuk MERAGUKAN KEMAMPUAN DIRI SENDIRI.

Contoh :
- Saya LAMBAT dalam belajar
- Saya BODOH
- Saya TIDAK BISA/MAMPU
- Saya hanya ORANG KECIL
- dll

Mental Block bisa juga diartikan = MENGELUH atau MENYALAHKAN KONDISI DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN.

Contoh :
- Dia dari keluarga kaya, pantas sukses
- Dia kan memang pintar, ya semua pelajaran pasti gampang dipelajari
- Guru saya nggak suka saya

Kata-Kata Negatif Mental Block :
Tidak MUNGKIN
Tidak TAHU
Tidak YAKIN
Tidak BISA
Tidak MAU
Tidak OPTIMIS

Henry Ford mengatakan "Jika anda berpikir anda bisa atau anda tidak bisa, anda benar". Intinya adalah APA YANG ANDA YAKINI ITULAH YANG AKAN TERJADI.

Dampak dari Mentak Block Apaan sih?
Dampak dari Mental Block yang paling gede kalo diturutin adalah kita bakal jadi manusia yang pesimistis. Selalu membayangkan hal-hal buruk yang akan terjadi saat kita mau melakukan sesuatu. Endingnya kita jadi manusia yang selalu takut gagal, takut untuk mencoba, dan akhirnya batal menjadi orang sukses.

Cara Membuka Mental Block

1. Membaca
Membaca merupakan media yang cukup ampuh untuk mempengaruhi pikiran seseorang. Pada saat kita sedang memasukkan sebuah stimulus/rangsangan yang berpotensi mengubah mindset lama yang bersemayam di pikiran kita. Sebagai contoh, banyak orang yang berubah sikap dan mindsetnya setelah membaca buku 'laskar pelangi' andrea hirata. Begitu juga dengan buku-buku biografi dan motivasi tokoh terkenal, terbukti mampu merubah mindset dan sikap begitu banyak orang

2. Motivasi
Mengikuti seminar, training, dan membaca buku-buku motivasi cepat atau lambat akan berdampak pada mindset kita. Kemampuan seorang motivator akan mengguncang pikiran emosional dan spiritual kita untuk kemudian mengubah mindset kita. Terlepas dari apakah perubahan itu hanya bersifat sementara ataupun jangka panjang, namun yang pasti perubahan motivasi merupakan salah satu langkah awal dari perubahan mindset.

3. Imajinasi
di mata sebagian orang hanyalah sebuah khayalan. Betul sekali, tapi perlu dicatat bahwa rata-rata keberhasilan seseorang dimulai dari imajinasi. Dengan imajinasi, seseorang dapat menjadi termotivasi untuk bertindak mencapai imajinasinya dan motivasi, seperti yang tertulis di atas, merupakan salah satu dongkrak untuk menghancurkan mental block kita .

4. Reframing
Reframing adalah bagaimana kita mengubah sudut pandang kita terhadap suatu hal. Setiap orang memiliki dunianya sendiri yang diciptakan oleh pengalamannya. Berdasarkan pengalaman itulah seseorang membentuk mindsetnya yang kemudian menjadi mental block yang menghambat masuknya hal-hal baru. Reframing membantu kita untuk melihat sisi lain dari pengalaman-pengalaman kita. Semakin sering kita mengadakan reframing, yang tidak lain adalah melihat sisi positf dari berbagai fenomena, maka akan ada kecenderungan mindset kita berubah. Sebab intensitas dan fekuensi reframing akan memntukan perubahan mindset kita.

5. Push Your Self!
Seseorang yang mengalami sebuah peristiwa menyakitkan baik sakit fisik maupun skait hati karena berbagai hal dapat mengubah jalan pikiran orang tersebut. Dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk tetap sama dengan kondisi terdahulunya, maka seseorang akan terpaksa berubah dan secara otomatis menghancurkan mental blocknya untuk menghadapi kekuatan lebih besar lagi. Namun sebaiknya kita merubah mindset kita dan menghancurkan mental block kita karena terpaksa. Selain prosesnya yang lebih menyakitkan, terkadang ada orang yang lebih memilih pasrah pada keadaan daripada berubah.

Friday, January 2, 2015

Senja Kesekian

By  Sarni Kurniati Lajareng



Menjadi senja
Yang kesekian
Untukmu,
Rindu...

Selalu ada jejak
Yang tersisa
Di sudut langit jingga
Jejak cerita yang tak pernah usang
Meski waktu dan jarak membentang

Dan kepada malam,
izinkan aku menjadi senjanya
yang kesekian...

Bilik Rindu, 02 Desember 2014.