Tuesday, June 30, 2015

MABIT (malam bina iman dan takwa) di Ramadhan Untuk Anak-Anak! #backtoramadhan

Okay, i have done it a lot before, especially last year. A night to train faith and taqwa is a night when we "re-charge" our faith. And those are some things to do in MABIT!

Okay, sebenarnya aku udah sering sih jadi panitia MABIT buat anak kecil *mungkin tepatnya jadi babysitter :v*, terutama tahun lalu. Malam Bina Iman dan Takwa, bisa dibilang adalah salah satu momen dan media kita untuk me recharge iman kita. Daaan inilah dia beberapa ide untuk dilakukan saat MABIT dengan anak kecil!

Oke

1. Buat grup kecil untuk membaca Al-Qur'an bersama. Setiap grup punya satu murobbi yang akan membimbing dan mengajarkan tentang makna yang terkandung dari ayat Al-Qur'an yang mereka baca. Tentu harus membaca surah yang pendek-pendek dan maknanya tidak berat dan mudah dicerna anak-anak.

2. Menonton kartun islami saat makan malam atau istirahat.
Pastikan walaupun sekadar menonton kartun juga ada manfaatnya. Putarlah saat anak-anak sedang makan malam, jadi mereka bisa sambil mencerna sambil bersantai. Ya gitulah intinya lah ya.

3. Adakan kegiatan stimulasi otak, atau sekadar puzzle seputar pengetahuan Islam yang sesuai dengan usianya. Dan biarkan mereka memecahkannya bersama teman se-grupnya.

5. Absolutely, ceramah. Saat inilah sang murobbi mempunyai kesempatan untuk berceramah, tapi tentu ceramahnya yang seputar Tazkiyatun Nafs. Karena yang seputar fikih, akidah kan belajarnya mesti yang lebih intensif gitu kan ya.

6. Tahajud berjama'ah. Namanya juga anak kecil, mungkin sebagian ada yang jarang atau malah gak pernah. Jadi inilah saatnya untuk melatih kebiasaan bangun malam!

Bismillah, semoga membantu ya...

by the way salam kangen bangettt sama murobbiku ; teh hana sama umi habibah. Kapan lagi nih ada kegiatan? :( Kangen juga udah lama gak digangguin sama adek-adek hehe...

Urgent! Butuh Job!

Halo, sahabat. Aku lagi mati kutu, gak ada kerjaan nih di liburan kali ini, dan sering nganggur saat hari libur atau weekend. Jadi saya berniat pingin bekerja, apa saja. Jaga warung, atau jaga toko baju, jadi pegawai toko buku, apa saja yang gak berat dan menghasilkan uang. Gaji kecil gak jadi masalah!

Plis, urgent banget nih. Bagi yang punya job atau temennya punya lowongan, tolong info nya ya! Langsung aja contact saya di sini :

LINE : meuthianabilap
BBM : 5765F8DB
Messenger : Meuthia Nabila P
KakaoTalk : meuthianabilap
WA : 085765797284
E-mail bisnis : m7euthian5abilap@gmail.com

Mohon bantuannya ya!

Tips Seputar Ramadhan #BackToRamadhan

1. Kita gak seharusnya bangun secepat mungkin. Malah faktanya bangun lebih lambat itu adalah sunnah, karena kita jadinya bakal lebih cepat lapar! Bangunlah sejam atau satu setengah jam sebelum adzan subuh untuk sahur. Lagian kalo sahur lebih lambat jadinya gak perlu tidur kan buat nunggu Subuh.

2. Gak perlu persiapin menu buka puasa terlalu cepat, sejam setengah sebelum adzan maghrib mungkin waktu yang terbaik, karena kan kalo kelamaan jadi dingin deh makanannya.

3. Yeah, kita tau tengah hari menjelang sore itu waktu puncaknya lapar. Tidur siang aja! Karena tidur siang adalah salah satu cara untuk melewati hari, kayak mesin waktu! *really?*. Dan tidur siang adalah sunnah!

4. Sibukkan dirimu! Buat projek, target, atau to do list jadi kamu gak bakalan gabut dan nganggur. Dan dengan adanya kegiatan kamu bakal punya suatu kesan saat Ramadhan berakhir.

5. Hindari yang mengandung Kafein!

6. Walaupun puasa, tetaplah minum 8 gelas sehari untuk terus terhidrasi. Atau makan buah-buahan yang tetap menjagamu dari terdehidrasi, semisal ; Beri-beri. Eh salah, maksudnya buah yang namanya ada berry. Strawberry, Raspberry, Blueberry, Blackberry, Berry Mannilow *ngawur*, semangka, kelapa, blewah, jeruk, dan mangga. *weeesss anak IPA nih mennn*

Oke deh, sekian, semoga bermanfaat ya. Keep spirit ya puasanya!

Friday, June 26, 2015

Tempat Makan Paling Favorit Di Batam

Well, those are the best cafetaria, or restaurant, or whatever u say lah sing pokok e tempat makan in Batam, ada saran tempat makan lain? Comment down below!

1. Ayam Bakar Taliwang, Makanan  Khas Lombok di Pelita.

Ada yang bilang, bahkan orang Padang yang hobi pedas pun belum tentu kuat makan sambel di sini. Saya sendiri gak bisa makan pedas, tapi  saya tetap "addicted" sama berbagai menu di sini, apalagi Pecel dan Ayam Bakar. Saking ramenya siang-malam, tante saya dari Bekasi bilang, kayaknya yang punya melihara tuyul deh, kok rame terus sih hahaha *na'udzubillah*.

Menu favorit di sini yaitu Ayam Bakar yang Pedes dan Perkedel. Hanya saja harga di sini gak terlalu ramah, sih. Pecel sama nasi aja Rp 20.000. Tapi gaakan nyesel deh.

2. Lamongan, Penuin
Aaa ini paling favorit, sampai hampir hapal sama pegawainya *hmmm*. Pastikan kalau kesini jangan pas jam makan siang, rame bangettt. Selain harganya yang murah *nggak murah sih, standar lah*, menu di sini beragam dan enak banget. Saya sendiri paling suka sama Ayam Penyet nya. Oh ya ikan di sini gede gede banget. Menu paling favorit disini Sotonya, mantabbb!

3. Sari Eko, Nagoya
Wah, surganya martabak, paling enak sekota Batam deh. Apalagi martabak telornya, duhhh. Di depannya Sari Eko juga ada Sate Madura Pak Umar yang paling kusuka *cuma pak umar, bukan yang lain*. Oh ya sate padang deketnya SE juga favorit di sini lho. Harga? Yaaa standar lah. Satu kotak martabak itu kurang lebih Rp 20.000, terus sate 10 tusuk itu Rp 17.000 lah.

4. MoroJoyo, Penuin
Capcai disini yang paling favorit, teman. Kalo malem rame terus, apalagi kalo malam minggu. Harga nya sih standar, capcai satunya Rp 17.000. Walopun mas-masnya kadang nyebelin *suka godain n lirik2 aku, duh sengsara deh jadi cewek cantik*, tapi beneran deh, kamu harus coba!

5. Warung Sudi Mampir, Penuin.
Lokasinya di samping R.M Lamongan, hehe. Di sini yang khasnya itu sate kambing sama sotonya. Harganya standar, kok.

6. Sushi Tei
Yaaa aku gak suka makanan Jepang sih, apalagi disini mahal banget. 6 roll sushi aja nyampe Rp 40.000. Tapi karena gak ada lagi Restoran Jepang *yang gak abal-abal*, makanya disini rame banget. Aku sih gatau ya enak apa nggak, kalo rame sih ya kayaknya enak, soalnya aku gak suka sih... :3

7. Simpang Rujak, Pelita
Aku gak terlalu suka rujak sih, tapi kalo rame yaaa berarti enak kali ya :v . Anyway, gerobak rujak di sini ada di sepanjang jalan. Jadi ya kalo mau milih, cap cip cup aja :v. Rujak ya murah lah gan, aku makan situ, satunya sih palingan Rp 8.000an lah *kurang inget*

8. Seafood di Piayu
Duh ini cuma denger dari kata temen2 aja sih, aku gak pernah kesana soalnya jauh banget. Tapi katanya seafoodnya enak banget, harga aku gak tau sih. Review nyusul ya

Oke, mungkin segini dulu aja refrensi tempat makan buat buka puasa. Oke, moga bermanfaat, byeeee

Hal-Hal Yang Bakal Kamu Kangenin Di Bulan Puasa

Ada banyak keistimiewaan bulan ini dibanding bulan-bulan lain, terutama bagi kita yang menjalankan ibadah puasa -terlepas dari keutamaannya dari segi islam-. Tidak terasa sudah hari ke 8, pastikan kita benar-benar menjalani bulan ini dengan sebaik-baiknya, ya. Berikut beberapa momen yang pasti bikin kita terharu saat akan meninggalkannya.

1. Berbagai media berlomba-lomba menunjukkan konten yang Islami dan inspiratif



2. Momen berbuka bareng keluarga
Pribadi sih, sebenarnya di keluarga saya kalo lagi makan suka sendiri2, kecuali kalo lagi makan di luar hehehe. Tapi saat Ramadhan, kami berkumpul di satu meja makan yang sama. Dan seringkali kami berbuka bersama tetangga kami. Ini momen kebersamaan yang jarang kami temui. Belum lagi kadang saudara-saudara jauh kami, tanteku, omku, sepupuku, adeknya tante, adeknya om, dll kadang ngumpul sama keluarga kecilku buat bukber. Seru, deh, dan jarang terjadi kecuali di bulan ini :)

3. Saat berbuka adalah saat yang paling membahagiakan bagi yang menjalani.
Momen saat berbuka puasa selalu berkesan kan? Kita pasti sering ngelirik jam, duh berapa jam lagi sih adzan maghrib? Bahkan sering menghitung menit menjelang berbuka hahaha *apa aku doang ya?*. Dan faktanya, kalo lagi puasa rasanya semua makanan itu jadi enak deh hahaha. Iya kan? Nggak juga sih, gue aja kali

Apalagi kalo bareng sama temen-temen, malah sering ada yang inisiatif bikin acara bukber sama alumni sekolah, ya kan? Saya rasa hal ini cuman ada pas bulan puasa, deh. :)

4. Saat tarawih
 Berbondong-bondong bersama keluarga, juga tetangga pergi bareng-bareng ke masjid. Wah, jarang lho jalan bareng gitu haha. Terus juga saat taraweh, biasanya kan suka salam-salaman tuh, nahh ini yang meningkatkan ukhuwwah islamiyah kita, kita yang mungkin sibuk kerja, jarang bertamu ke rumah tetangga, malah mungkin ada tetangga yang kita ketemunya cuman setahun sekali pas Ramadhan *haha*.

Nah salam-salaman setelah taraweh inilah kita ketemu lagi dengan tetangga yang kita jarang ketemu, berbasa-basi lagi, silaturahmi yang ringan ye kan?

5. Berburu Ta'jil
Haaa ini yang paling seru kalo bulan puasa hahaha. Ramai-ramai bareng temen, keliling kecamatan buat nyari makan, wih, suasana jajan ramai-ramai dengan manusia satu kecamantan, kapan lagi? Ini suasana yang paling saya kangenin haha.

6. Tadarus Bareng



7. Banyak Diskon Baju Muslim *HAHAH, GUBRAK*

8. Adanya kegiatan kepesantrenan yang lebih intens
 Pribadi sih, sebenarnya saya pingin banget sekolah islam, atau masuk pesantren, tapi gak kesampaian hingga saat ini. Makanya bulan puasa, di sekolah sering ada acara Pesantren Kilat, kemudian kegiatan majlis taklim pun jadi ramai. Dan sedihnya cuma bisa saya rasakan setahun sekali :(.
*anyway, i miss you so much Forum Bina Ukhuwwah, Remaja Masjid Raya Batam, kangeennn banget*

Wednesday, June 24, 2015

Target Ramadhan! #backtoramadhan

Ramadhan tanpa target? Gak seru! Yuk kita bikin target Ramadhan bareng!

1. Khatam Qur'an!

2. Memberi Makan Orang Yang Berpuasa
Gak harus ngasih makanan pokok beserta lauknya, Insya Allah ngasih kudapan aja udah bermanfaat banget kok!

3. Tetapkan berapa banyak uang yang mau kamu sumbangkan, dan sumbangkan dengan jumlah itu setiap hari!

Misalnya, kamu mau sedekah Rp 200.000. 200.000/30 hari = sekitar Rp 6.000 / hari. Jadi, sedekah Rp 6000 tiap hari, karena Allah azza wa jalla sesuatu yang sedikit demi sedikit tapi rutin daripada jarang tapi sekali banyak

4. Gak Bolong Sholat Taraweh!

Oh, kalo lagi gak ada acara penting, ayo lah semangatkan badan untuk shalat taraweh, kapan lagi sih selain Ramadhan?

5. Umroh di Bulan Ramadhan (kalau mampu)
Dalam Lafazh of Muslim :
فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً
Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Dalam lafazh Bukhari yang lain disebutkan,
فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى
Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari no. 1863).

Oke deh sekian, semoga bermanfaat ya

Kedatangan Tamu Istimewa! / Haidh Saat Ramadhan? #backtoramadhan

Iya tau, nyebelin banget kan. Tapi tenang ukhti! Masih banyak amalan lain kok!

1. Mendengarkan bacaan Al-Qur'an

2. Berdzikir

3. Masak makanan berpuasa untuk teman, tetangga, atau kaum dhuafa. Kan pahalanya seperti pahala puasa orang yang kita beri makan kan? Jadi kapan nih mau neraktir aku buka? *ehhh?*

4. Membantu sesama dalam kegiatan sosial.

5. Perbanyak dhikr dan doa!

6. Thalabul Ilmi!

What To Do On Ngabuburit #backtoramadhan

Well ya aku tau, beberapa menit sebelum berbuka adalah puncaknya perut ini berisik. Tapi bukan berarti jadi alesan buat males-malesan terus gak ngapa-ngapin kan? So, inilah beberapa ide untuk dilakukan saat ngabuburit, insya Allah santai tapi tetep bermanfaat kok!

1. Baca Novel Favorit
Baca novel gak bermafaat? Woi, kata Pak Taufik Ismail, dari cerita lah kita belajar tentang kehidupan. Yaaa asal jangan teenlit sih yang dibaca :3

2. Dengerin kajian, kalo lagi males baca buku kajian, hehe.

3. Perbanyak dzikir. Selain menenangkan pikiran, juga mudah dilakukan kan?

4. Mendengarkan bacaan Al-Qur'an. Insya Allah pahalanya sama seperti membaca kok.

5. Siapin ta'jil rame-rame, kan seru tuh haha.

6. Tai Chi, HAHA.....

Yap, that's all, simpel kan?



A little note : Bang Agus, Bang Agung, Mas Agus, masih ingat saat2 itu?

Get Ready With Me : Yang Perlu Disiapkan Sebelum Solat Tarawih #backtoramadhan

Jadi biasanya sehabis sholat maghrib aku tuh suka nonton sinetron Para Pencari Tuhan! Wah sinetron terfavorit sepanjang masa deehh hahaha. Dan untuk 15 menit sebelum adzan Isya, inilah beberapa hal untuk disiapkan sebelum tarawih!

1. Bersiwak atau Gosok Gigi
Siwak adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW. Sesuai Hadits yang dibawakan oleh Abu
Ayyub ra: “Ada empat hal yang termasuk dari sunnah para Rasul: Memakai minyak wangi, menikah, bersiwak dan malu” (Ahmad dan Tirmidzi). Hadist lain, “Andai saja tidak memberatkan UmmatKu, maka Akan aku perintahkan (wajibkan) memakai Siwak setiap hendak wudhu”.

2.  Pakai mukena atau baju paling cantik.
Ketemu wakil presiden aja rapih-rapihin baju, pake parfum, walah persiapannya pasti rada rempong deh ya kan? *pengalaman sih wkwkwk*. Masa' mau ketemu yang punya bumi langit dan seisinya malah make seadanya? Allah menyukai sesuatu yang jamil (indah). Ya kan?

3. Pakai parfum terbaikmu
Asal makenya jangan kebanyakan aja sih, kalo makenya sesuai pasti sebelahmu jadi lebih nyaman dong. Lagian bukannya kalo repot-repot make parfum menunjukkan antusias kita untuk memulai tarawih ini? Untuk menghadap Allah swt?

4. Bawa Al-Qur'an Kecil
Karena seringkali kultum itu ngebosenin, jadi aku sih mendingan tadarusan aja sendiri, daripada ngantuk :3 *maaf banget buat persatuan mubaligh kota batam, maaf bangetttt hahahah*

5. Charge Gadgetsmu
Hah? Mau bawa gadget ke mesjid? Ngapain sih? Fokus ibadah aja, charge hapemu, jadi pulang ke rumah pun bisa main hape dengan aman tanpa low bat lagi kan.

6. Pakai sendal jepit yang paling jelek.
Kenapa? Tau sendiri deh ahahaha :p

Get Yourself Ready! : Marhaban Ya Ramadhan #backtoramadhan

Get yourself ready for ramadhan is -actually- not to buy some new hijab, or decorate your house, or thinking hardly what to cook at iftar, or make a nasyid. Subhanallah, Ramadhan is more, more, more than that. It's not wrong to do those things, but my beloved ukhty fillah, we have something to do else more important and faedah than those things :)

Some things that we should prepare for Ramadhan are :

1. Do Taubatan Nashuha.

Allah ta’ala berfirman:
 ( وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ) سورة  النور: 31
“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).
Dan dari Al-Aghar bin Yasar radhiallahu ’anhu dari Nabi sallallahu ’alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Wahai manusia! Bertaubatlah kepada Allah, sesungguhnya aku bertaubat (kepada Allah) dalam sehari seratus kali” (HR. Muslim, no. 2702)

2. Pray

Pray so you can run this Ramadhan well, pray so you have more chances to meet Ramadhan, or etc. :)

3. Be Happy, and Show Your Happiness!

Be happy! Because Allah berfirman: “Katakanlah, 'Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan." (QS. Yunus: 58).

And show your happiness *may via your social network* is one of form of Syi'ar!

4. Done Your Qadha!
Hey, my beloved ukhty, have you done your qadha? Because we all have the same problem, menstruation. Especially if we can't qadha in normal months because of your business, it's the right time to done it!

5. Learn about Shaum or something about Ramadhan lesson!
Read! Because 'ilmi is limitless, and make sure you won't be at loss in Ramadhan!

6. Do Sya'ban shaum!
If you've done your qadha', do Sya'ban shaum because it is totally recomended!

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لا يَصُومُ ، فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلا رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ . (رواه البخاري، رقم 1868، ومسلم، رقم 1156)
Dari ‘Aisyah radhiallahu ’anha: “Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam berpuasa sampai kami mengatakan (mengira) dia tidak pernah berbuka. Dan (lain waktu) beliau tidak berpuasa sampai kami mengatakan (mengira) dia pernah berpuasa. Dan aku tidak melihat Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam menyempurnakan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadan dan aku tidak melihat Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam memperbanyak berpuasa selain di bulan Sya’ban”. (HR. Bukhari, no. 1868, Muslim, no 1156)

So, those are some things that we should prepare for Ramadhan. Happy fasting, ukhti shalehah :)