Thursday, July 13, 2017

Apakah Kau Tidak Seharusnya Pulang Saat Kau Pulang?

Waktu di perantauan, kita dikasih uang sama orangtua buat menghidupi kita sehari-hari. Ntah banyak atau sedikit, pasti kita menghemat, rasanya sayang mau ngeluarin duit. Atau, mending belinya ntaran aja, pas udah pulang, minta orangtua beli.

Jadinya, kita pulang dengan daftar barang yang kita perlukan, dan biasanya kita balik ke perantauan lagi dengan barang-barang baru ya, ga sih.

Menurut saya sih, gak masalah punya pikiran seperti itu, sebab sumber penghasilan kita masih dari orang tua, which is terbatas, dan orang tua kita kan kerja. Wajar kalo kita minta sama orangtua, apalagi pas pulang kan emang gak dikasih uang jajan selayaknya waktu kita di perantauan.

But, yang jadi masalah... Kadang kebutuhan kita itu gila-gilaan. Misalnya, pulang tah pengen beli tas kamping, tas sekolah, beli baju, beli rok, beli jilbab, ganti laptop, beli headphone, beli parfum, ganti kaca mata, beli sepatu, beli ini itu. Terus karena mumpung di kampung, makan makanan yang cuma ada di kampung, yang di perantauan itu gaada atau mahal. Pake uang siapa? Jarang saya menemukan kita memakai uang sendiri, ya apalagi saya HAHA.

Ya emang sih, wajar, nama nya juga kalo lagi pulang. Tapi orang tua menginginkan kepulangan kita karena merindukan kita. Apakah justru kepulangan anak malah menambah beban orangtua kita?

Mungkin tidak masalah sih kalau orangtua kita berkecukupan. Tapi gimana kalo ternyata, diem-diem, orangtua kita lagi banyak pengeluaran? Gimana kalau ternyata orangtua kita sedang ada masalah di kantornya misalnya, jadi penghasilannya seret? Dan mereka gak mau memberitahu kita, karena buah hati mereka sedang pulang, sedang ingin hidup enak -sebab di perantauan mendet terus- ?

Apakah kita tidak seharusnya pulang ketika kita pulang?

Sebaiknya, sejak dini, apalagi sekarang kita udah kuliah, udah besar, udah dewasa. Tunjukkan lah pada orangtua kita bahwa kita tidak hanya sudah dewasa secara usia, tapi kita sudah mandiri. Tidak ada salahnya kita memakai uang tabungan kita untuk membeli barang-barang yang kita inginkan (sebab saya masih banyak menemukan teman kita yang medit sama uang tabungannya). Gak minta duit ke ortu itu salah satu bentuk tanggung jawab dan kasih sayang kita ke ortu. Ayo dari sekarang coba cari duit sendiri.

Buktikan kita bukan anak mama atau anak papa lagi yang bisa nya minta uang.

Bukannya bisa ngasih uang ke orangtua itu salah satu cita-cita semua anak?

No comments:

Post a Comment